• Kemuliaan dan Keistimewaan Bulan Dzulhijjah.

    Jum'at, 12 Zulhijjah 1439 H / 24 Agustus 2018 M 9:19:37 WIB

    KAJIANMEDAN -- "Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu, dan perangilah kaum musyrikin itu semuanya sebagaimana mereka pun memerangi kamu semuanya, dan ketahuilah bahwasanya Allah beserta orang-orang yang bertakwa." (QS: At-Taubah Ayat: 36)

    Hal ini disampaikan Ustad H. Mukhlis Mukhtar, S.H.I Pada Awal ceramahnya di Mesjid Al-Falaah, dalam kegiatan Kajian Rutin (Kantin) yang diadakan oleh komunitas Sahabat Hijrahku dan komunitas One Day One Juz, Kamis (23/08/18) pukul 17:30 WIB, dengan tema kajian mengenai 'Kemuliaan Bulan Dzulhijjah'.

    Ustad menyampaikan bulan Dzulhijjah merupakan salah satu bulan yang penuh dengan keberkahan bagi hambaNya, dimana di bulan tersebut terdapat pelaksanaan Ibadah Haji yang mana salah satu dari bagian Rukun Islam. Selain itu didalamnya terdapat juga hari Arafah, yang mana hari Arafah tersebut memiliki kemuliaan yang sangat banyak dan melimpah.

    "Selain ibadah haji dan hari arafah di bulan dzulhijjah kita juga melaksanakan qurban sebagaimana yang diperintahkan Allah kepada Nabi Ibrahim untuk menyembelih putranya Nabi Ismail. Allah ingin melihat bentuk pengabdian dan kepasrahan hamba yang bertaqwa dalam melaksanakan perintahnya,"jelas ustad.

    Ustad pun menambahkan, bulan Dzulhijjah merupakan bulan akhir tahun dimana banyak terdapat keistimewaan dan kemuliaan di Sepuluh hari pertamanya.

    Setelah materi selesai dijelaskan Dua peserta (jamaah) yang berhadir menanyakan mengenai apakah boleh memberikan daging qurban kepada yang bukan muslim. Dan apakah boleh mengikuti program paket umrah bank syariah?.

    Dalam jawaban yang dikemukakan Ustad, "Tidak boleh memberikan daging qurban kepada kafir Dzimmi dan Harby. Alasannya karena daging qurban merupakan jamuan Allah (dhiyafatullah) untuk orang-orang muslim pada hari raya Idul Adha. Tapi apabila umat muslim sudah mendapatkan jamuan tersebut namun tetap berlebih maka tidak ada salahnya memberikan kepada meraka.

    Kemudian soal mengikuti program paket umrah bank syariah dalam jawaban Ustad, meminjam untuk program umroh dibolehkan selagi ibadah tersebut merupakan ibadah sunnah. Namun apabila dalam peminjamannya terdapat bunga atau persenan maka hukum tersebut jatuh kepada riba,"tutur ustad.

    Diakhir kegiatan Kantin tersebut ditutup dengan berbuka puasa sunnah bersama.

    Penulis : Resty 

Bagikan : Google Facebook Twitter


Posting Terbaru