• Pedoman Hidup Umat Muslim ialah Al-Qur'an dan Hadist.

    Selasa, 9 Zulhijjah 1439 H / 21 Agustus 2018 M 09:20:02

    KAJIANMEDAN.ID -- Pedoman merupakan suatu dasar pokok atau petunjuk untuk melakukan segala sesuatu-Nya. Begitu juga dalam menjalani kehidupan tentu kita harus mempunyai sebuah pedoman. Dan pedoman hidup umat muslim ialah al-qur'an dan hadist.

    Hal itu disampaikan Ustad H, Syamsul Bahri Rangkuti, LC, Ma saat memberikan ceramah di Mesjid Al-Falaah, (dekat kampus Umsu) dalam kegiatan Kajian Rutin (Kantin) yang diadakan komunitas Sahabat Hijrahkuu bersama One Day One Juz Kamis (16-08-18), pukul 17:30 WIB.

    Adapun materi Kajian yang disampaikan Ustad Syamsul yakni, mengenai 'Pedoman Konprehensif dalam Manangement Kehidupan.

    "Setiap sesuatu mempunyai pedoman karena tanpa pedoman maka tidak akan berguna. Baik manusia ataupun agama pasti mempunyai pedomannya masing-masing,"ujar ustad diawal ceramahnya.

    Ustad menjelaskan, alqur'an dan hadist ialah pedoman bagi umat muslim yang didalamnya memiliki ketentuan-ketentuan dan aturan-aturan yang mana haq dan mana yang bathil. Ketentuan seorang muslim dalam menjalani kehidupannya yakni untuk beribadah kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala (SWT) dan tidak menyekutukannya.

    "Ibadah yang kita lakukan misalnya sholat, zakat, puasa semua harus diniatkan karena allah agar ibadah tersebut tidak bernilai sia-sia,"tutur ustad.

    Ustad menambahkan, dalam alqur'an dan hadist bukan hanya sebatas seruan beribadah kepada Allah, tetapi lebih dari itu. Sesuatu sejak dari bangun tidur hingga akan tidur kembali semuanya lengkap dan jelas jika mau dan ingin kita mengkajinya dan tentu tidak akan ada ruginya bagi kita.

    "Kita juga diberikan dua pilihan dalam hidup kita, apakah ingin masuk surga atau masuk kedalam neraka,"tukas ustad.

    Terakhir, Ustad berpesan agar istiqomah dalam memanagement kehidupan sesuai tuntunan dari pedoman al-qur'an dan hadist.

    "Salah satu cara yang bisa kita lakukan agar istiqomah adalah dengan selalu bersyukur terhadap apa yang telah diberikan oleh allah, dengan begitu nikmat sehat yang selama ini tidak kita syukuri maka terasa berharga bila kita mensyukurinya,"pungkas ustad.

    Diakhir kegiatan Kajian Rutin diisi dengan buka bersama puasa sunnah.

    Foto dan tulisan oleh : Resty

     

Bagikan : Google Facebook Twitter


Posting Terbaru