• Pentingkah Akad Dalam Jual Beli

    Senin, 3 Zulqa'dah 1439 H / 16 Juli 2018 M 09:45:24 WIB


    KAJIANMEDAN.ID -- Jual beli merupakan aktivitas yang biasa dilakukan banyak orang. Tentu kita juga sering melakukan hal ini dalam memenuhi kebutuhan diri kita masing-masing.

    Tapi, tahu gak kita dalam pandangan ajaran Agama Islam jelas mengatur tentang aktivitas jual beli.

    "Hal tersebut disampaikan Ustad Marwan Rangkuti dalam materinya pada Kajian Muamalah Komunitas yang diadakan di Mesjid Al-Gufron, jalan Suka Baru no 21, pada Rabu (11/07/18) usai Ba'dha Ashar.

    Diketahui, Kajian Muamalah ini diadakan dari Komunitas Kajian Medan bersama Komunitas Marikongsi, yang dijadwalkan rutin setiap hari Rabu di Minggu ke 2 dan 4 dalam setiap bulan.

    Apa itu akad? apakah akad salah satu syarat sah dalam melakukan aktivitas jual beli?,"tanya ustad kepada beberapa jamaah yang berhadir dalam kajian tersebut.

    Sebelum lebih jauh terlebih dulu kita harus tahu apakah yang dimaksud dengan pengertian akad. Secara bahasa akad itu adalah sebuah ikatan atau perjanjian maupun suatu komitmen.

    Dalam aktivitas jual beli akad adalah suatu langkah yang utama yang harus dipenuhi. Dan rukun akad itu ada 3 macam.

    "Pertama ada kedua belah pihak yang akan melakukan aktivitas jual beli. Yang kedua adanya barang atau objek yang akan diperjualbelikan. Sedangkan yang ketiganya ada redaksi akadnya,"terang ustad.

    Selain akad, lanjut ustad masih ada syarat lainnya yang harus dipenuhi dalam aktivitas jual beli agar aktivitas jual beli tersebut mendapatkan pahala bukan malah mendatangkan dosa.

    "Untuk pertemuan selanjutnya, kita akan membahas syarat-syarat yang lainnya yang harus dipenuhi dalam jual beli,"kata ustad.

    Sebelum Forum Kajian berakhir, tampak beberapa jamaah pun menanyakan dan berdiskusi dengan ustad mengenai seputaran pembahasan akad secara mendalam. (Admin)

Bagikan : Google Facebook Twitter


Posting Terbaru