• Memahami Asmaul Husna

    Kamis, 4 Rabiul Awwal 1439 H/23 November 2017 M 09:00:29 WIB
     
    KAJIANMEDAN.ID -- Asmaul Husna dapat diartikan sebagai nama-nama yang baik lagi indah yang hanya dimiliki oleh Allah Swt. sebagai bukti keagungan-Nya. Kata Asmaul Husna diambil dari ayat al-Qur’an Q.S. Taha/20:8. yang artinya, “Allah Swt. tidak ada Tuhan melainkan Dia. Dia memiliki Asmaul Husna (nama-nama baik)“.
     
    Firman Allah Swt. dalam Q.S. al-A’raf/7:18
    Artinya: “Dan Allah Swt. memiliki asma’ul husna, maka bermohonlah kepada-Nya dengan (menyebut) nama-nama-Nya yang baik itu dan tinggalkanlah orang-orang yang menyimpang dalam (menyebut) namanama-Nya. Nanti mereka akan mendapat balasan terhadap apa yang mereka kerjakan.” (Q.S. al A’raf/7:180)
     
    Adapun metode-metode yang ditetapkan oleh ahlussunnah wal jama’ah dalam menyikapi nama dan sifat-sifat Allah SWT adalah:
    Pertama, menetapkan nama dan sifat Allah SWT sebagaimana yang tercantum di dalam alquran dan hadits Rasulullah SAW sesuai dengan zahirnya dan sesuai dengan makna-makna yang dikandung pada lafadznya tanpa memalingkan lafadz dari zahirnya dan tanpa merubah lafadz dan kandungannya dari tempatnya.
    Kedua, menolak keserupaan nama dan sifat-sifat Allah dengan makhluk-Nya. Contohnya: menolak tamsyil dan menerima tashbih.
     
    Ketiga, tidak melampaui apa yang ditetapkan dalam alquran dan hadits dalam nama dan sifat-sifat Allah SWT. Contohnya: Allah tidak tidur dan tidak merasakan kantuk. Keempat, dalilnya dapat dipahami tetapi hakikatnya tidak dapat dipahami, dan bukan merupakan dalil yang samar. Contohnya:  Wajah Allah. Kata wajah dapat dipahami maknanya, tetapi hakikat atau bentuknya tidak dapat dipahami. Kelima, Ahlussunnah wal jama’ah menyerahkan seluruh bentuk sifat dan hakikat itu kepada Allah SWT. Contohnya: menyerahkan seluruhnya hakikat atau bentuk Asmaul husnah kepada Allah. 
    (Muhammad Arif)
     
    *Disari dari Kajian Rutin Rabu, oleh Ustadz Joko Abu Aliyah, Tema Bab Aqidah Tauhid, 15 November 2017, 16.30-18.00, Masjid FMIPA USU.

Bagikan : Google Facebook Twitter


Posting Terbaru