• Dalam Beberapa Hari, India Akan Minta Malaysia Ekstradisi Zakir Naik

    Senin, 16 Safar 1439 H/6 November 2017 M 08:57:20 WIB

    KAJIANMEDAN.ID -- Pemerintah India mengaku akan meminta Malaysia untuk mengekstradisi dai Muslim terkemuka, Zakir Abdul Karim Naik. Hal itu sebagaimana pernyataan yang dikeluarkan oleh Kementerian Luar Negeri India pada Jumat (03/11/2017).

    Seperti dilansir dari NDTV dan Times of India, juru bicara Kementerian Luar Negeri India (MEA) Raveesh Kumar menyatakan bahwa proses sidang yang menjerat Zakir Naik akan selesai dalam waktu dekat. Setelah vonis dijatuhkan, India berencana mendekati Malaysia untuk menyerahkan ulama 52 tahun tersebut.

    Sejauh ini, Malaysia telah menyatakan bahwa belum menerima permintaan resmi dari India terkait berbagai tuduhan yang dikaitkan dengan Zakir Naik. Bahkan beberapa bulan lalu, Wakil Perdana Menteri Malaysia, Ahmad Zahid Hamidi telah tegas menyatakan, “Selama ini dia (Naik) tidak melanggar aturan atau hukum apapun di Malaysia. Maka dari itu tidak ada alasan hukum yang kuat buat menahan atau menangkapnya.”

    Persoalan tersebut lantas dibalas oleh Kumar. Ia mengatakan,”Proses hukum kami telah selesai dan kami segera membuat sebuah permintaan ekstradisi.” Kumar juga mengatakan bahwa permintaan ekstradisi itu akan diketahui beberapa hari ke depan.

    Badan Investigasi Nasional India (NIA) telah lama memburu Zakir Naik dan menyeretnya ke pangadilan. NIA menuding Zakir Naik menyebar paham radikal. Selain itu, Islamic Reasech Foundation (IRF) yang dikelola oleh Naik turut dibekukan. NIA memaksakan Undang-undang Pencegahan Tindakan Pidana (UAPA) untuk menjerat pakar perbandingan agama tersebut.

    Zakir Naik yang juga seorang ahli medis, terkenal dengan argumen debatnya dalam persoalan agama. Bahkan tak sedikit orang yang akhirnya memeluk Islam setelah berdebat dengannya. Namun hal itu dipandang berbeda oleh pemerintah India. Dalam dakwaannya, Naik justru dianggap telah menghina agama selain Islam.

    Belakangan, Zakir Naik dikabarkan tengah berada di Malaysia. Di mana, sudah 5 tahun ia menyandang status penduduk tetap di Negeri Jiran tersebut. Tetangga Indonesia itu nampaknya nyaman dengan kehadiran Zakir Naik di sekitar mereka.

     

    Sumber: Kiblat.net

Bagikan : Google Facebook Twitter


Posting Terbaru