• Sahabat Hijrah, Sahabatnya Anak Muda Islam

    Selasa, 08/08/2017 15:04:24 WIB

    KAJIANMEDAN.ID -- Melihat anak muda ramai-ramai ke Masjid memang sudah jadi barang langka. Tapi tidak untuk komunitas yang melabel nama mereka Sahabat Hijrah (SH) ini. Semangat meramaikan masjid justru mereka galakkan lewat Kajian Bertema Satnite Move On. Gimana caranya meramaikan masjid di waktu yang justru rekan sebaya mereka menghabiskan waktu ke cafe nongkrong, ramai dijalanan dengan banyak hal yang belum tentu bermanfaat, bahkan menjurus ke maksiat. Naudzubillahi minzalik.

     
    Dialah Luwa Heru, founder SahabatHijrah yang mulai bergerilya sejak akhir November 2016 lalu. Dengan berdirinya komunitas ini Heru berharap agar ada wadah khusus yang memiliki program dakwah yang mudah dan menarik untuk kaum muda. "Karena selama ini banyak komunitas yang dakwahnya sasarannya umum, jadi SH mau jadi Komunitas yg bergerak untuk para pemuda. Mengajak para pemuda hijrah dan mencintai agamanya lalu ikut andil dalam dakwah," tutur Heru pada tim KajianMedan.
     
    "Bahwa setiap pemuda itu punya potensi kebaikan dan keburukan, jadi SH ingin mengajak para pemuda membuka potensi kebaikan itu dengan cara yang menarik dan mudah diterima. Hijrah itu mudah, Istiqomah yang sulit, semoga bersama Sahabat Hijrah, kita bisa sama sama berjalan dan teguh di atas Islam sampai maut menjemput," lanjutnya mengenai visi misi Sahabat Hijrah.
     
    Ada serangkaian program SH salah satunya Satnite Move On, kajian khusus malam Minggu untuk para pemuda di kota Medan. Kajian ini membahas masalah masalah yang sedang dialami anak muda, masalah hijrah, cinta, menikah dan masalah kontemporer lainnya. Kajian ini sudah beberapa kali di selenggarakan di Masjid Al Jihad, Jalan Abdullah Lubis Medan.
     
    Dan pada Ramadhan lalu SH juga mengadakan program Ngabuburit Move On, yaitu kajian untuk para pemuda kota Medan dan sekitarnya saat bulan puasa berlangsung. "Kajiannya dimulai setelah waktu shalat asar dan alhamdulillah sukaes karena masjid full dengan 1500 audiens," kisah Heru.
    Alhamdulillah masyarakat dari mulai remaja sampai orang tua sangat menyambut baik komunitas ini bersama program-programnya dilihat dengan antusias peserta atau jamaah yang hadir saat kajian berlangsung.  
     
    "Karena kita mau jadi wadah para pemuda agar bisa hijrah sama sama. Belajar agama sama sama, tanpa membedakan mana yg baru atau yg sudah lama hijrah. Semuanya harus saling merangkul," jelas Heru.
     
    Program lain yang sudah berjalan adalah Futsal bareng Syauqi, LC. Ini kegiatan untuk anak anak muda Medan yang suka futsal, SH menyiapkan wadah untuk main futsal bersama ustadz Ahmad Syauqi, Lc (alumni Al-Azhar, Mesir). Futsal di awali dgn tausyiah dan tilawah bersama. Dan berbagai program lain seperti bagi takjil di jalan, rihlah anggota, dan program media sosial misalnya postingan dakwah serta kuis di Instagram, dan kedepan akan ada Program SH goes to school.
     
    "Saat ini SH diketuai oleh Muhammad Hafiz (mahasiswa USU) dan Pembinanya Hadi Suhara, Lc.MA (alumni Universitas Syeikh Ahmad Kaftaro, Syria). Jadi nanti kita bulan September akan adakan rekrutmen anggota/pengurus. Pengurus inti sekarang ini rata rata mahasiswa di kota Medan. Yang bergabung adalah adalah para aktivis dakwah dari berbagai harokah (pergerakan). Kita gak nutup diri untuk semua pemuda dari berbagai harokah bergabung. Malah anggotanya banyak para pemuda yang baru hijrah," tutur Heru.
    Ia juga menambahkan SH juga membuka kesempatan berbagai komunitas dan organisasi untuk bekerjasama bikin program program dakwah yang menarik buat kaum muda. 
    Bagi para sahabat yang ingin lebih kenal dengan komunitas ini sila langsung berkungjung ke akun sosial media instagram SH (@sahabat.hijrah.id).
     
     
    Reporter: W.Vahluvi

Bagikan : Google Facebook Twitter


Posting Terbaru