• Peperangan Umat Islam di Bulan Ramadhan

    Kamis, 06/01/2017 09:48:39 WIB

    KAJIAN MEDAN -- Bulan Ramadhan merupakan bulan suci yang mempunyai banyak keutamaan. Pada bulan ini umat Islam diwajibkan berpuasa dan dianjurkan banyak melakukan ibadah sehingga dapat disebut juga bulan penuh ibadah. Selain itu, bulan ini juga dapat dikatakan sebagai bulan bersejarah lantaran terdapat banyak sejarah di dalamnya.

    Dalam sejarah Islam, terdapat beberapa peperangan yang terjadi pada bulan suci Ramadhan. Bisa dibayangkan situasi peperangan pada bulan Ramadhan, di mana umat Islam selain harus beribadah, tapi juga harus berperang.

    Berikut beberapa peperangan umat Islam yang terjadi pada bulan suci Ramadhan:

    Perang Badar

    Perang Badar Al Kubra ini terjadi pada bulan Ramadhan tahun kedua Hijriyah. Peperangan ini dimenangi oleh Islam dan inilah kemenagan agung pertama pejuang-pejuang Islam menentang kemusyrikan dan kebatilan. Kisah Perang Badar adalah peritiwa yang paling terkenal dan sangat banyak terdapat hikmah dan pelajaran di dalamnya.

    Perang Tabuk

    Perang Tabuk sebenarnya dimulai pada bulan Rajab kesembilan Hijriyah. Namun, pada 26 Ramadhan, Rasulullah baru kembali dari peperangan tersebut setelah memperoleh kemenangan. Sejarah Perang Tabuk pun menjadi sejarah peperangan terakhir yang diikuti oleh Rasulullah SAW. Rasulullah juga memimpin langsung perang antara tentara Muslim dan pasukan Bizantium atau Romawi Timur tersebut.

    Perang Zallaqah

    Perang ini tentu tak seterkenal dua peperangan di atas. Bahkan, mungkin banyak yang belum tahu. Perang Zallaqah ini terjadi di Portugal, tepatnya pada Jumat setelah Subuh bulan Ramadhan 459 Hijriyah.

    Saat itu, terjadi kebangkitan dinasti Murabit di Afrika Utara. Gubernur Cordova, Al Muktamin meminta bantuan Sultan Dinasti Murabit, Yusuf bin Tasyifin untuk memerangi Alfonso VI. Tentara yang dipimpin oleh Alfonso VI yang berjumlah 80 ribu orang itu berhasil dikalahkan. Dalam waktu yang singkat Sultan Yusuf berhasil menguasai seluruh Spanyol dan menyelamatkan umat Islam. Setelah itu, Dinasti Murabit di Spanyol berdiri sejak 1090 sampai 1147 Masihi.

    Perang Ain Jalut

    Perang Ain Jalut adalah perang besar yang terjadi pada 15 Ramadhan 658 Hijriyah atau 1260 Masehi antara orang-orang muslim Mamluk (sekarang Turki) dengan bangsa Shamanis Mongol. Dalam peperangan ini, tentara Islam meraih kemenangan. Perang ini sekaligus menjadi kekalahan pertama pasukan Mongol setelah sebelumnya mereka menaklukkan negeri-negeri besar seperti Cina dan Abbasiyah dan kerajaan-kerajaan kecil yang tidak terhitung jumlahnya.

     

    Sumber: Republika

Bagikan : Google Facebook Twitter


Posting Terbaru