• Negara-Negara Muslim Dunia Serempak 1 Ramadhan Mulai Sabtu Besok

    Kamis, 05/25/2017 10:23:48 WIB

    KAJIAN MEDAN -- Negara-negara Muslim bersiap memasuki bulan suci Ramadhan. Mereka memprediksi awal Ramadhan 1438 hijriyah akan dimulai pada Sabtu (27/5/2017) besok.

    Menurut laporan Al-Jazeera pada Jumat (25/5/2017), Kementerian Agama Arab Saudi mengatakan bahwa bulan baru Ramadan diperkirakan akan terlihat pada Jumat malam ini.

    Negara lainnya seperti Aljazair, Mesir, Yordania, dan negara-negara Arab lainnya juga akan melihat bulan baru pada Jumat malam.

    Selain Negara-negara Arab, Bangladesh, Pakistan, Malaysia termasuk Indonesia juga akan melihat bulan pada Jumat sore ini.

    Uni Emirat Arab (UEA), Qatar dan negara-negara Teluk Arab lainnya juga memperkirakan Sabtu sebagai hari pertama Ramadhan.

    Di negara-negara mayoritas Muslim, perkantoran diminta untuk mengurangi jam kerja kepada para karyawannya dan banyak restoran tutup pada siang hari di bulan Ramadhan.

    Sementara itu para ahli astronomi menunjukkan bahwa bulan sabit akan terlihat dengan jelas, baik dengan mata telanjang atau dengan teleskop dari seluruh dunia pada Jumat malam.

    Sebelumnya pada Mei 2016 lalu, negara-negara anggota Organisasi Kerjasama Islam (OKI), pada Kongres Persatuan Hijriah Internasional yang diadakan di Istanbul, telah menyetujui perlunya satu kalender Hijriyah terpadu untuk seluruh Negara Muslim di dunia.

     

    Sumber: Islampos

Bagikan : Google Facebook Twitter


Posting Terbaru