• HUTANG (2)

    Rabu, 05/24/2017 11:26:12 WIB

    KAJIAN MEDAN -- KONSULTASI SYARIAH TENTANG HUTANG

    Tanya:
    Assalammualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Ustadz kalo kita pernah berhutang, lama gak dibayar, lalu setelah sekian lama teringat hutang itu, tapi kita uda gak punya kontak orangnya dan gak tau dia tinggal dimana sekarang. Apa yang bisa saya lakukan ustadz? Sudah ikhtiar dan belum ketemu juga dengan orang tersebut.
    Pertanyaan dari Akhi Yo via whatsapp.

    Jawab:
    Wa'alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh
    Bismillah.
    Sesungguhnya pelunasan hutang oleh debitor menjadi hak bagi kreditor (yang memberi hutang) dan bila si kreditor wafat sementara debitor, belum melunasi hutang maka kewajiban pelunasan oleh debitor tidak gugur, hak kreditor akan beralih kepada ahli warisnya.

    Bagaimana jika kreditor lost contact dengan debitor, apa yang harus dilakukan debitor:

    1. Niat yang kuat untuk melunasi hutang tidak boleh hilang, sebab Alloh SWT akan menolong orang-orang yang bersungguh-sungguh ingin membayar hutangnya, sebagaimana Rasulullah sampaikan "Barangsiapa mengambil harta manusia dan ingin membayarnya, maka Alloh akan menolong untuk membayarnya..."(HR.Bukhari)

    Menurut Imam Ibnu Hajar Asqalani dalam Fathul Bari, Alloh bisa menolong dengan memudahkan rizki si penghutang agar mampu membayar hutang di dunia, atau Alloh akan menjadi penanggungnya di akhirat, wallohu'alam

    2. Usaha/ikhtiar keras mencari info terkait si kereditor hingga ketemu

    3. Bila ikhtiar keras mencari info tidak membuahkan hasil, maka sebagian ulama membolehkan sejumlah uang untuk pelunasan uang itu oleh si debitor disedekahkan namun atas nama si kreditor.

    Menukil amalan shahabat ibnu mas'ud yg ketika hendak membayar hutang pembelian budak si punya budak menghilang,  maka Ibnu Mas'ud mensedekahkan uang pembelian budak itu dan berdoa kepada Alloh agar amal shaleh sedekah tersebut pahalanya dikhususkan untuk si pemilik budak yang menghilang, dapat dilihat dalam tulisan DR. Ahmad Farid dalam kitab Tazkiyatun Nufus.

    4. Bagaimana bila setelah berlalunya waktu ternyata si kreditor muncul tiba-tiba maka bila kita memiliki uang untuk melunasi agar melunasi, bila tidak bisa meminta penangguhan waktu pelunasan,  adapun misal terkait sedekah sebelumnya disisi Alloh lah urusannya.

    wallohua'lam

    ---

    Rubrik ini diasuh oleh Ustadz Abu Zahid Al Mandiliy.
    Staf Pengajar Tsaqafah Islam Kontemporer
    di Ma'had Atstsaqafiy Tj. Morawa

Bagikan : Google Facebook Twitter


Posting Terbaru