• Defenisi Sukses dalam Al-Quran

    Kamis, 04/20/2017 17:17:24 WIB

    KAJIANMEDAN-Manusia menganggap definisi sukses adalah memiliki kekuasaan, kehidupannya selalu baik dan manusia juga menganggap kedepan kehidupannya mendapat jaminan. Setiap orang memiliki arti sendiri dalam melihat kesuksesan. Ada orang menganggap kesuksesan adalah memiliki harta yang banyak. Sementara yang lain menganggap jabatan tinggi adalah puncaknya. Ada lagi yang mengklaim bahwa kesuksesan adalah ketika hati kita tenang dan tentram. Dan manusia dikatakan sukses tidak pernah rugi, selalu untung atau rugi sedikit.

    Lantas bagaimana makna Sukses Menurut Alquran? Al-Quran menjelaskan dalam surah An-Nahl ayat 97, Allah subhanallahu wa ta'ala befirman: "Barangsiapa yang mengerjakan amal saleh, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka sesungguhnya akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik dan sesungguhnya akan Kami berikan balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan".

    Allah Subhanallahu wa ta'ala juga befirman dalam Surah Al Ashr ayat 1-3, "Demi Masa. Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasehat-menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran". Dalam surah ini kesuksesan dimaknai dengan tidak mengalami kerugian.

    Dan dalam Al-Quran juga dijelaskan bahwa sukses digambarkan dengan beriman dan beramal shaleh, dalam surah Al-Bayyina ayat 7, Allah Subhanallahu ta'ala berfirman: "Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh, mereka itu adalah sebaik-baik makhluk".


    Dan tercantum pula jaminan hidup sedang di masa mendatang pada firma Allah dalam surah Al-Baqarah ayat 25, "Dan sampaikanlah berita gembira kepada mereka yang beriman dan berbuat baik, bahwa bagi mereka disediakan surga-surga yang mengalirm sungai-sungai didalamnya. Setiap mereka diberi rezeki buah-buahan dalam surga-surga itu, mereka mengatakan: 'Inilah yang pernah diberikan kepada kami dahulu'. Mereka diberi buah-buahan yang serupa dan untuk mereka didalamnya ada istri-istri yang suci dan mereka kekal didalamnya".

    Secara garis besar dalam Al-Quran kiat untuk sukses adalah Iman dan Amal Shaleh. Iman yang benar menuntut niat dan tujuan yang benar, yang kemudian melahirkan keikhlasan. Sedangkan Amal Shaleh menuntut adanya pelaksanaan sebuah perbuatan sesuai standart operasional sistem sesuai dengan petunjuk Rasulullah salallahu aaihi wassalam. 

    Disari dari Kajian Ilmiah "Kiat Sukses Ramadhan Pengusaha Muslim" oleh Ustadz Abu Aliyah yang diselenggarakan oleh KPMI Medan

Bagikan : Google Facebook Twitter


Posting Terbaru