• India, Populasi Muslim Terbesar di Tahun 2050


    Rabu, 03/08/2017, 06:10:53 WIB

    KAJIANMEDAN-India (Bharat) merupakan republik federasi di Asia Selatan dengan ibukota New Delhi. Negeri itu terletak di antara laut Arab di sebelah barat dan Teluk Benggala di timur.

    Di sebelah utara, negeri ini berbatasan dengan pegunungan Himalaya, Republik Rakyat Cina, dan Nepal. Di sebelah timur laut dengan Bangladesh, di barat laut dengan Pakistan dan Afghanistan dan di sebelah selatan dengan Samudera Hindia.

    Berdasarkan artikel bertajuk Population by Region in India dijelaskan, Islam adalah agama terbesar kedua di India. Pada 2011, sensus penduduk negara tersebut menyebutkan jumlah Muslim di India sebanyak 14,2 persen dari populasi atau sekitar 172 juta jiwa.

    Agama mayoritas yakni Hindu, dengan jumlah sekitar 79,62 persen dari total penduduk. Selebihnya menganut agama Protestan, Katolik, Budha, Jainisme, Sikh, dan Yahudi. Sampai saat ini, Indonesia boleh berbangga sebagai negara dengan populasi umat Islam terbanyak sedunia. Padahal, NKRI tidak mengambil bentuk negara agama, melainkan negara Pancasila yang bersemboyan Bhinneka Tunggal Ika.

    Di negeri ini, nilai-nilai Islam mainstream tidak berbenturan dengan fakta keberagaman yang menjadi ciri khas Indonesia sejak zaman dahulu kala. Sejarah pun mencatat, Islam sampai dan disebarkan di Nusantara dengan jalan perniagaan, alih-alih balatentara.

    Namun, dalam hal peta demografis sejarah tampaknya akan berubah tak lama lagi. Pew Research Center (PRC), lembaga studi terkemuka yang berpusat di Amerika Serikat (AS), pada pekan ini mengumumkan hasil penelitian terbaru yang berjudul Kaum Muslim adalah Kelompok Agama dengan pertumbuhan paling pesat di dunia. PRC menyoal demografi umat agama-agama besar di seluruh dunia.

    Seperti dilansir Times of India, Jumat (3/3), PRC menemukan bahwa PADA 2050 mendatang, India diprediksi mengalahkan Indonesia terkait populasi Muslim sedunia. Pada 2050, India ditengarai akan memiliki lebih dari 300 juta penduduk Muslim. Di tahun yang sama, total populasi Indonesia diprediksi tak mencapai angka tersebut, yakni terpaut pada 297,26 juta jiwa.

    Sebagai perbandingan, saat ini Indonesia masih menjadi negara dengan penduduk Muslim terbesar di dunia. Dalam versi PRC, pada 2010 Indonesia memiliki 209,12 juta penduduk Muslim. Dalam tahun yang sama, India memiliki 176,2 juta Muslim.

    Sumber: republika.co.id

Bagikan : Google Facebook Twitter


Posting Terbaru