• Ingin Berlibur, Ingat Pesan Rasul

    Assalamualaikum Kajiers, wah ngak terasa ya kita sudah sampai penghujung akhir tahun. Pastinya, ini merupakan momentum bagi anak sekolah, karena sudah mendapatkan libur panjang setelah bagi rapor, tak terkecuali buat sebagian para karyawan yang juga mendapatkan jatah libur panjang.

    Libur ini sangat dirasa perlu pastinya, karena selain untuk merenggangkan otot dan juga menetralkan pikiran dari rutinitas sehari-hari, liburan juga akan menimbulkan efek yang semakin fokus dan termotivasi untuk menjalani kehidupan.

    Nuffield Health sebuah Badan Amal Kesehatan Inggris pernah melakukan penelitian besar terkait dampak liburan, yang diberi nama The Holiday Health Experiment. Ditemukan, ada efek besar jika seorang tidak mengambil waktu berlibur.

    Mereka yang tak berlibur ternyata memiliki tingkat stres yang lebih tinggi dibandingkan yang berlibur secara teratur. Pola tidur, kondisi kesehatan serta detak jantung diukur untuk perbandingan.

    Psikoterapis Christine Webber, yang melakukan pengujian, mengatakan liburan bisa mengurangi tekanan darah."Pengurangan tekanan darah penting untuk mengurangi kemungkinan stroke dan serangan jantung, sementara tidur yang lebih baik adalah baik untuk sistem kekebalan tubuh," kata Webber.

    Menurutnya, mayoritas pekerja merasa bahagia, setelah liburan atau beristirahat. Level stres juga berkurang secara siginifikan. Emosi jadi lebih stabil dan mental pun kembali siap menghadapi pekerjaan. Liburan juga sangat disarankan sebagai terapi untuk pasangan yang sibuk.

    Untuk itu, saatnya bergegas ambil ransel atau koper dan tentukan liburan akhir tahun ini. Mau pergi ke mana gunung, lautan, pantai, hutan atau tempat menarik lainnya? Semua itu tergantung keinginan Anda semuanya. Namun, saat melakukan traveling selain mempersiapkan kebutuhan yang diperluakan, jangan lupa pesan Rasulullah SAW. Apa itu?

    1. Berdoa Sebelum Berangkat

    Jangan lupa berdo’alah sebelum berangkat. Jika sudah berada di atas kendaraan saat hendak berangkat liburan, hendaklah mengucapkan “Allahu akbar sebanyak tiga kali, lau Setelah itu membaca;

     “Subhanalladzi sakh-khoro lanaa hadza wa maa kunna lahu muqrinin. Wa inna ila robbina lamun-qolibuun. Allahumma innaa nas’aluka fii safarinaa hadza al birro wat taqwa wa minal ‘amali ma tardho. Allahumma hawwin ‘alainaa safaronaa hadza, wathwi ‘anna bu’dahu. Allahumma antash shoohibu fis safar, wal kholiifatu fil ahli. Allahumma inni a’udzubika min wa’tsaa-is safari wa ka-aabatil manzhori wa suu-il munqolabi fil maali wal ahli.” (HR. Muslim)

    Artinya : Mahasuci (Allah) Dzat Yang telah menundukkan kendaraan ini bagi kami padahal kami sebelumnya tidak mampu mengusasinya, dan sesungguhnya kepada Tuhan kami tempat kembali. Ya Allah, sesungguhnya kami memohon kepada-Mu kebaikan dan ketakwaan dan amal yang Engkau ridhoi pada perjalanan kami ini. Ya Allah, ringankanlah perjalanan kami ini dan dekatkanlah jaraknya yang jauh. Ya Allah, Engkaulah kawan (yang melindungi) perjalanan dan wakil (yang menjaga) keluarga kami. Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari kelelahan perjalanan dan keburukan pemandangan dan kejelekan di saat kembali, pada harta dan keluarga. 

    1. Selalu Berdoa Sepanjang Perjalanan

    Teruslah berdoa sepanjang perjalanan. Doa apa saja, menggunakan bahasa Arab atau bahasa lainnya yg bisa dipahami.

    Rasulullah SAW bersabda;

    “ada tiga doa mustajab yang tidak perlu diragukan lagi. Yakni, doa orang teraniaya, doa musafir, dan doa orangtua kepada anaknya”. (HR. Abu Huraiah)

    1. Berdoa Meminta Perlindungan Sesampainnya di Tempat Liburan

    Sesampainya di tujuan, tidak berarti anda aman. Tetaplah minta perlindungan kepada Allah SWT agar tercipta rasa aman dan keselamatan.

    Rasulullah SAW bersabda;

    “Barang siapa singgah di suatu tempat lalu berdoa; aku berlindung kepada kalimat-kalimat Allah yang sempurna dari kejahatan ciptaan-Nya- maka tidak akan ada sesuatu yang membahayakan dirinya sampai dia meninggalkan tempat tersebut”. (HR Muslim)

    1. Segera Pulang Jika Memang Sudah Selesai Liburan

    Godaan orang yang sedang bergembira dan bersenang-senang di tempat hiburan atau pariwisata adalah lupa waktu, sehingga lupa untuk segera pulang. Padahal Rasulullah menganjurkan untuk segera pulang bila telah selesai berlibur. Sebagaimana sabdanya :

    “Berpergian itu sebagian dari siksa, karena dapat menghalangi seseorang untuk makan, minum, dan tidur. Karena itu, apabila seorang di antara kalian telah menyelesaikan urusannya, hendaklah segera kembali ke keluarganya”. (HR. Bukhari)

    1. Singgah di Masjid Sebelum Pulang

    Berlibur boleh tapi jangan jangan sampai meninggalkan kewajiban sholat lima waktu. Bahkan Rasulullah menganjurkan sejenak singgah ke Masjid untuk sekedar melaksanakan sholat sunnah dua rakaat di sana.

    Diriwayatkan Kab bin Malik, apabila Rasulullah SAW datang dari bepergian, beliau terlebih dahulu masuk masjid dan melakukan shalat dua rakaat.

    Semoga dengan mengamalkan ini akan mendapatkan manfaat yang baik, dan insyhAllah perjalanan Anda akan selamat sampai ke tempat tujuan. Selamat berlibur panjang Kajiers. (berbagi sumber)

Bagikan : Google Facebook Twitter


Posting Terbaru