• Ada 1.500 Pemandu Wisata Muslim, ALTMI: Ini Potensi Besar

    KAJIANMEDAN-Hingga saat ini, data menunjukkan, ada 1.500 pemandu wisata Muslim di seluruh Indonesia. Jumlah ini belum mencakup mereka yang belum terdata. Ke depan, Asosiasi Tour Leader Muslim Indonesia (ATLMI) juga berfungsi untuk melakukan database lebih lanjut.
    Karena itu, kata Ketua Forum Komunikasi Biro Perjalanan Islami Indonesia (IITCF) Priyadi Abadi memperkirakan, jumlah pemandu wisata Muslim di Tanah Air mencapai lebih dari dua ribu orang. “Ini adalah potensi besar,” katanya.
    “Jadi, banyak sekali. Ke depan, IITCF dan ALTMI akan bersinergi. IITCF konsennya pada pendidikan dan pelatihan-pelatihan, sedangkan ALTMI benar-benar asosiasi tour leader Muslim.”
    Peruntukannya bagi berbagai pelatihan-pelatihan atau beasiswa di bidang pariwisata Islami. Ada sekitar 300 agen perjalanan Islami yang sudah tergabung dalam IITCF, yang merupakan pusat pelatihan (training centre) biro perjalanan Islami.
    “Misalnya, sekolah-sekolah pariwisata. Nanti kita berikan beasiswa untuk pelatihan-pelatihan di luar negeri. Mereka mungkin prestasinya bagus, tetapi belum disesuaikan di kemampuan. Melalui IICTF, kami mau jembatani (dunia pendidikan dan dunia kerja). Dananya dikelola di yayasan ini.”

    Sumber: Ihram.co.id

Bagikan : Google Facebook Twitter


Posting Terbaru